Thursday 19 January 2017

Trik Jitu Sukses SBMPTN Sepanjang Masa

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Oke, pada kesempatan kali ini ane bakal nulis tentang trik jitu buat sukses SBMPTN. Pada tahun 2017 ini pasti booming tentang SBMPTN 2017, banyak yang search tentang kiat-kiat suksesnya atau sejenisnya yang pasti kalian haus informasi tentang SBMPTN ini. So, diawal tahun 2017 ini kalian pasti bakal bingung sama apa yang kalian bakal pilih dan kalian bakal lakukan untuk selanjutnya. Pasti kalian sering bertanya-tanyakan, kira-kira bagaimana yaa caranya buat gue bisa masuk kampus impian gue atau kalian bertanya-tanya apasih yang mesti gue lakuin biar orang tua gue bahagia dan melihat gue sukses di kampus impian gue nanti. Ya pasti pertanyaan itu pernah ada di dalam hati kalian masing-masing. Tapi menurut gue kalau kalian ingin masuk kampus impian kalian itu mudah kok, tinggal masuk kampusnya dari gerbang depan dan melewati pos satpam terus selesai deh kalian sudah masuk kampus impian kalian. Hehe.. Gue bercanda.. Oke, back to topic. Jika kalian merasa, ah gue gak pernah mikir kaya gitu. Gue gak pernah mikir bahwa gue harus gimana nanti atau harus ngelakuin apa nanti. Yaa berarti kalian bukan tipikal dari ciri-ciri orang yang sukses. Orang sukses pasti punya visi untuk kedepannya dan punya misi untuk mewujudkan visi tersebut nantinya. Untuk kalian yang sedang kelas 12 sekarang ini, mungkin tulisan ini bakal bermanfaat buat kalian, InsyaAllaah.. Dan untuk yang masih di kelas 12 kebawah kalian beruntung banget bisa baca blog ini karena kalian bener-bener bisa masang strategi matang-matang setelah membaca blog ini.
Sebelum ane jelasin trik dan tips jitunya, ane bakal mau jelasin apa sih SBMPTN itu. Oke, SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yaa semua orang juga tahu singkatan itu. Sebenarnya arti dari kata Bersama itu adalah kita diseleksi melalui ujian tulis yang dilakukan secara serentak atau bersama-sama. Menurut ane dengan SBMPTN lah kita bener-bener bisa menaruh impian kita dan cara seleksi inilah yang menurut ane bener-bener efektif. Kalian bisa menaruh impian kalian sesuai dengan usaha yang telah kalian lakukan untuk persiapan belajar SBMPTN. Selain dari tes tulis ini banyak orang yang bilang penilaian dari seleksi lainnya kurang akurat atau salah target.
By the way, gambar yang disamping itu pengalaman ane dulu saat nerima pengumuman SBMPTN, sebenarnya itu enggak bermaksud sombong atau menyombongkan diri. Tapi bisa kalian lihat nama ane yang tercantum disitu. Ada kesalahan fatal dari nama Muhammad Sya'bani Shubuhi yg ada di KTP ane jadi M Syabani. Itu ngurusnya ribet banget, sebelum SBMPTN ane udah balik Dikbud dan Dikti sana sini. Yaa memang itu bukan kesalahan murni ane, ada satu pihak yang bersalah. Tapi kesibukan itu gak jadi alasan kita buat sukses di SBMPTN, itu nilai yang mau ane kasih. Bersungguh-sungguh dan memanfaatkan segalanya sebenar-benarnya.
Oke langsung aja ane bakal jelasin apa saja yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan kesuksesan SBMPTN.

1. Fokus Belajar SBMPTN Tanpa Memikirkan UN.
    Lebih tepatnya pada poin pertama ini saya menekankan bahwa jangan terlalu memikirkan UN dahulukan SBMPTN karena nilai UN tidak menjadi patokan kalian diterima atau tidak di terimanya di suatu PTN. Bisa saya bilang, jika kalian mendahulukan belajar SBMPTN dari belajar UN secara otomatis kalian pasti bisa mengerjakan soal UN sesulit apapun tipe soal yang ada di UN, karena tipe kesulitan SBMPTN ada diatas UN. Mau gak mau kalian bakal dipaksa untuk ngedalami semua materi SMA demi SBMPTN dan mengerjakan latihan-latihan soal SBMPTN yang tingkat kesulitannya berada diatas UN. Otomatis dengan belajar SBMPTN saja kalian sudah bisa menaklukkan UN dan SBMPTN secara sekaligus.

2. Manage Waktu Belajar yang Ideal dan Efektif
    Masih membahas cara belajar, saya menganjurkan kalian untuk benar memahami poin kedua ini dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, istiqomah, dan tidak mengkhianati apa yang sudah kalian buat untuk memanage waktu dengan baik, berupa list atau sejenisnya. Berdasarkan pengalaman, satu hal yang saya lakukan untuk hal ini yaitu dengan mengatur waktu belajar menjadi minimal 1 jam perhari tapi fokus dan tidak memegang apa-apa selain materi belajar dan alat tulis untuk latihan. Kemudian upayakan perharinya di manage, bahwa hari ini saya harus belajar matematika selama 1 jam. Kemudian esok belajar Biologi 1 jam, esoknya materi TKPA, esoknya lagi Fisika dan seterusnya hingga balik ke Matematika lagi. Usahakan per harinya benar-benar kita maksimalkan untuk menguasai materi dan latihan soal. Setelah proses belajar berlangsung selama dua minggu atau sebulan. Lakukan review dan latihan soal tanpa melihat pembahasannya, lihat pembahasannya diakhir seperti halnya TO di bimbel-bimbel kita juga diharuskan menguji diri kita sudah segimana efektifnya belajar kita selama dua minggu atau sebulan. Cukup 1 jam pun tak mengapa, waktu lainnya bisa kalian lakukan untuk mengerjakan tugas, mengaji dan qiyamul lail bagi yang muslim atau lainnya yang manfaat. Waktu ini juga sangat efektif setelah qiyamul lail bagi yang muslim, satu jam di dini hari. Usahakan belajar kontinu dan menguasai satu materi atau dua materi dahulu perharinya sampai benar-benar matang dan kita sudah mendapatkan konsepnya. Kalian yang kurang terbiasa belajar sendiri bisa meminta bantuan bimbel untuk lebih mematangkan konsepnya.

3. Latihan Soal, Latihan Soal, dan Latihan Soal
    Poin ketiga ini, ane benar-benar nganjurin untuk terus latihan soal dan latihan soal tanpa henti. Setelah kalian melakukan poin yang kedua untuk pendalaman materi. Berarti tinggal latihan soal dan mendalami variasi soal pada SBMPTN sampai tiba H-7 atau H-1 SBMPTN kalian tetap masih latihan. Usahakan poin kedua untuk mempelajari materi sudah diselesaikan seluruhnya. H-1 bisa kalian pakai untuk istirahat dan merilekskan otak, jangan dipaksa untuk SKS demi ujian SBMPTN esok harinya. Saya sangat tidak menganjurkan hal tersebut, rilekskan diri dan manjakan diri untuk persiapan esok, buat diri kalian setenang-tenangnya.
Kemudian kalian coba untuk menghitung passing grade yang sudah kalian lampaui dari latihan soal demi latihan soal untuk mengetahui passing grade yang cocok dari kemampuan anda yang digunakan untuk memilih jurusan nanti. Cara penghitungan passing grade saya post di blog ini lagi pada post selanjutnya nanti.

4. Pilih Jurusan dan Universitas Sesuai dengan Passion dan Usaha yang Telah Dilakukan
    Pada saat pendaftaran SBMPTN dan memilih prodi yang akan kalian pilih, usahakan ada pilihan yang kalian anggap sebagai pilihan realistis kalian. Maksudnya realistis, setelah kalian belajar materi, latihan soal dan menghitung passing grade yang sudah mampu kalian dapat pada akhir dari usaha kalian. Saatnya kalian mencari tahu passing grade jurusan-jurusan yang jadi impian kalian dari data tahun lalu, karena biasanya data itu tidak akan jauh berbeda dari tahun yang sekarang. Jika ternyata jurusan impian kalian lebih besar passing gradenya dari apa yang kalian capai dari latihan. Maka tidak mengapa kalian pilih pada pilihan kalian tapi usahakan pada pilihan kedua atau ketiga kalian memilih jurusan yang benar-benar setara atau lebih kecil dari passing grade kalian capai dari latihan sehingga kalian bersikap realistis dan tidak mengalami kegagalan pada SBMPTN. Usahakan jangan sampai salah jurusan dan menjadikan pilihan ketiga yaitu pilihan yang benar-benar aman. Saya menganjurkan kalian untuk memilih dengan jurusan yang potensi kalian dan kemauan kalian ada disitu juga. Perbanyak latihan dan besarkan passing grade kalian sampai bisa menembus passing PTN impian itu kuncinya dari poin ini.

5. Mengerjakan Soal SBMPTN dengan Strategi.
    Saya akan menjelaskan bagaimana cara mengerjakan soal SBMPTN agar SBMPTN kalian benar-benar dapat sukses sesuai dengan keinginan kalian dan ridho Tuhan kalian.
Pertama, baca skip soal keseluruhan dan tandai soal yang menurut kalian mudah dan kalian telah pahami konsepnya betul-betul.
Kedua, kerjakan soal yang sudah kalian tandai terlebih dahulu dan yakin benar. Usahakan satu materi pada mata uji Saintek atau Soshum benar ada yang sudah terbabat habis dan yakin benar. Misalkan kalian yakin dan sudah membabat habis Fisika. Cukup kerjakan yang lain sebagai syarat cukup saja. Jangan sampai ada satu materi yang dikosongkan total atau tidak dikerjakan sama sekali. Itu akan mengakibatkan dari pihak PTN menganggap kita tidak bisa pada suatu bidang atau sangat lemah dibidang tersebut. Usahakan jangan tunjukkan kelemahan kita, berikan mindset yang positif dari PTN terhadap kita. Syukur-syukur kalian bisa membabat habis lebih dari satu materi saja, misalnya babat habis Kimia dan Fisika dan sejenisnya khusus untuk Saintek.
Ketiga, jadikan TKPA sebagai syarat wajib untuk tembus SBMPTN, kerjakan seluruh soal TKPA dan yakin benar atas apapun yang kamu kerjakan di TKPA. Misalkan ada yang ragu, coba untuk mengisinya saja karena peluang terisi yang benar sudah banyak. Lain di Saintek, usahakan jawab yang benar-benar yakin. Karena sistem minus bagi yang salah berlaku pada SBMPTN dari tahun ke tahun.
Keempat, berdo'a saat memulai dan saat mengakhiri. Ini merupakan hal terpenting dari ketiga hal diatas.

6. Perbanyak Berdo'a dan Berbuat Baik Kepada Orang Lain
    Ini suatu poin trik and tips yang sangat membantu kelancaran SBMPTN. Jadi lakukan saja, nanti kalian dapat mengetahui sendiri manfaatnya.

7.  Do'a dan Restu Orang Tua 
     Ini hal yang terpenting diakhir trik and tips ini, restu orang tua disaat apapun yang kita lakukan demi kesuksesan SBMPTN merupakan hal yang utama. Saat memilih jurusan, saat pergi sebelum ujian, dan lainnya. Ciumlah tangannya saat sebelum pergi ujian, mohon restu dan berkatalah, 'Ayah Ibu, do'akan aku. Do'akan aku agar selalu bisa membahagiakan kalian.'

     Sekian dari ane, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kalian teman seperjuangan dan adik-adik kelasku.
Soal-soal Latihan SBMPTN akan saya berikan di postingan blog selanjutnya dari saya. Terima kasih.
    

No comments:

Post a Comment