Friday 20 January 2017

Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN Dengan Mudah

Bismillahirrohmaanirrohiim. Sesuai janji saya yang kemarin pada postingan Trik Jitu Sukses SBMPTN Sepanjang Masa. Saya bilang di postingan itu bahwa saya mau memberitahu cara menghitung passing grade SBMPTN pada postingan saya selanjutnya. Pada saat ini saya akan memberitahukan caranya untuk mengetahui Passing Grade SBMPTN dari soal-soal latihan atau TO yang kita kerjakan dan kita adakan sendiri untuk mencapai passing grade sesuai impian yang kita inginkan. Sebelumnya pasti kalian ada yang pernah dengar passing grade atau sering mendengarnya. Apalagi kalian yang sekarang duduk di kelas 12 SMA, sepertinya hal ini gak asing di telinga kalian. Ya, Passing Grade itu adalah angka standar kelulusan yang diberikan dari PTN untuk para peserta yang biasanya berupa persentase dan berbeda di setiap prodi dalam PTN yang sama. Kenapa setiap prodi dalam PTN yang sama memiliki passing grade yang berbeda ?? Jawabannya simple, karena peminat dan jenjang karir yang akan diberikan dari prodi tersebut yang berbeda satu sama lainnya. Terkadang banyak orang yang berpikir, yaudah gua latihan soal aja terus lulus atau enggaknya gimana nanti. Yaa saya juga gak maksa kalian untuk menghitung atau mengevaluasi diri kalian sesering mungkin, setidaknya kalian mengevaluasi sekali atau dua kali dari proses belajar kalian untuk mengetahui sudah seberapa mampukah kalian untuk mencapai passing grade pada prodi PTN yang kalian impikan. Terkadang banyak hasil yang kurang sesuai dengan apa yang kita impikan. Kenapa bisa seperti itu ?? Karena kita belum tahu diri kita sendiri seperti apa dan apa yang bisa kita lakukan serta apa yang bisa kita raih. Sekarang bukan saatnya untuk bermimpi, tapi sekarang cobalah kalian untuk membidik impian kalian dan menembaknya pas sesuai sasaran.

    Sebelum membahas bagaimana cara menghitungnya. Saya mau menjelaskan dulu apa saja yang akan diujikan di SBMPTN 2017 nanti dan berapa jumlah soal serta sub materi yang diujikannya. Pada SBMPTN dapat kita ketahui ujian itu dibagi dua mata uji yaitu TKPA dan TKD Saintek atau TKD Soshum. Saat ujian nanti, sesi I kalian diharuskan mengerjakan soal TKD Saintek atau TKD Soshum, untuk yang memilih IPC kalian akan mengerjakan keduanya dalam sesi yang berbeda dan tentunya dalam waktu ujian yang berbeda yang waktunya relatif lebih lama. Oke, untuk TKD ini kalian diharuskan mengerjakan soal sebanyak 60 soal dalam waktu 105 menit. Ingat ! Gunakan strategi kalian saat mengerjakan soalnya, bisa menggunakan strategi yang saya sarankan pada posting sebelumnya atau menggunakan strategi kalian miliki masing-masing. Pokoknya maksimalkan waktu 105 menit itu untuk 60 soal. Oke, penilaian SBMPTN masih tetap sama yaitu :
Benar = 4 point.
Salah = -1 point.
Tidak diisi = 0 point.
Kerjakan soal yang kalian anggap benar. Dalam TKD Saintek terdapat 4 sub materi, yaitu : Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi. Dalam TKD Soshum terdapat 4 sub materi juga, yaitu : Matematika IPS, Ekonomi, Sosiologi, Geografi. Satu sub materi diberikan sebanyak 15 soal. Dalam latihan mengevaluasi proses belajar kalian, kerjakan semaksimal mungkin. Anggap kalian sedang ujian SBMPTN yang sesungguhnya, terapkan waktu 105 menit untuk 60 soal tersebut.

    Selanjutnya pada sesi II kalian diharuskan mengerjakan soal TKPA sebanyak 90 soal dalam kurun waktu 105 menit. Ada pun sub materinya yaitu Premis, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pola Gambar. Usahakan dikerjakan semaksimal mungkin. Mudah atau sulitnya dalam soal TKPA itu relatif untuk semua orang. Jika kalian banyak latihan soal, maka soal TPA bisa menjadikan suatu hal bonus untuk membesar Passing Grade yang kalian dapatkan.

    Oke, tanpa panjang lebar lagi. Rumus untuk menghitung passing grade ialah :
PG = (Jumlah jawaban benar) . (4) + (Jumlah jawaban salah) . (-1)   x 100 %
                                                  600
Ket : PG  = Passing Grade
         600 = Jumlah seluruh soal dikali dengan point benar. 90 (TKPA) + 60 (TKD) = 150 soal. 150 
                   dikali point benar yaitu 4. Jadi, 150 x 4 = 600.

    Rumus itu bisa kalian gunakan untuk mengetahui seberapa besar persentasi passing grade kalian dan kalian cocokkan dengan passing grade impian. Jika kurang, terus semangat untuk belajar lagi dan jika lebih, bersyukurlah dan konsisten untuk tetap pada passing grade tersebut dengan mereview serta latihan soal.
Contoh passing grade dari suatu Universitas per prodinya dapat dilihat seperti list di bawah ini.

Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB (FEM) IPB

Manajemen 33,80%
Manajemen Sumberdaya Lahan 33,50%
Ekonomi Dan Studi Pembangunan 32,83%
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 29,07%
Ekonomi Syariah 26,67%


Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB
Statistika 41,53%
Ilmu Komputer 40,47%
Matematika 40,40%
Kimia 40,33%
Biologi 36,63%
Fisika 29,30%
Biokimia 35,23%
Meteorologi Terapan 28,20%


Fakultas Kedokteran Hewan IPB (FKH IPB)
Kedokteran Hewan 35,40%


Fakultas Pertanian IPB (FAPERTA IPB)
Arsitektur Lansekap 32,77%
Proteksi Tanaman 30,63%
Agribisnis 30,07%
Agronomi dan Hortikultura 28,10%


Fakultas Ekologi Manusia IPB (FEMA IPB)
Ilmu Gizi 34,60%
Ilmu Keluarga dan Konsumen 22,89%
Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 29,27%


Fakultas Teknologi Pertanian IPB (FATETA IPB)
Teknik Mesin Dan Biosistem 37,20%
Teknik Sipil Dan Lingkungan 36,63%
Teknologi Industri Pertanian 32,90%
Teknologi Pangan 40,13%


Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB (FPIK IPB)
Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya 31,37%
Ilmu Dan Teknologi Kelautan 29,00%
Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap 28,33%
Teknologi Hasil Perairan 30,13%
Manajemen Sumberdaya Perairan 29,63%


Fakultas Kehutanan IPB (FAHUT IPB)
Teknologi Hasil Hutan 24,67%
Silvikultur 23,50%
Manajemen Hutan 34,87%
Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata 34,07%


Fakultas Peternakan IPB (FAPET IPB)
Nutrisi dan Teknologi Pakan 29,73%
Teknologi Produksi Ternak 25,00%

Sumber : https://kampusaja.com/passing-grade-ipb-2016-institut-pertanian-bogor/

    List diatas contoh passing grade kampus IPB tahun 2016, kalian bisa mencari passing grade universitas lain atau menunggu postingan saya selanjutnya. Oh iya untuk Soal Latihan Kunci Sukses SBMPTN dan Pembahasannya bakal saya share di postingan berikutnya, saya juga akan memberikan cara unik atau rumus cepat cara menyelesaikan soal SBMPTN beserta ringkasan rangkuman materi-materi yang kalian butuhkan untuk belajar SBMPTN. Tetap stay di blog saya untuk post selanjutnya yaa. Jangan lupa juga follow akun saya.
Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment